Senin, 15 Januari 2018

Sejarah Marga Harahap

Edit Posted by with 28 comments
Marga Harahap, 
kerap disebut sebagai singkatan dari Halak Arab (Orang Arab), umum diterima sebagai keturunan Bangsa Arab yang berlayar sampai ke tanah Mandailing. Setiap perkampungan Harahap di Mandailing diberi nama “padang” seperti Padang Bolak dan Padang Sidempuan. Para pemuda dan pemudinya disebut dengan sapaan “Angin” yang mengartikan mereka adalah Pelayar yang hebat. Di perkirakan Harahap berasal dari Hadramaut, Yaman. Bangsa Hadramaut berlayar melalui samudera Hindia melewati Maladewa sehingga Harahap dahulu dikenal sebagai bangsa Mauli atau bangsa Mulia.
Harahap sempat mendirikan Kerajaan Aru yang diperkirakan kerajaan Islam pertama di Indonesia, yang dipimpin oleh Sultan Husin bergelar Ompu Toga Langit. Kerajaan Aru bekas kerajaan budha yaitu Sriwijaya yang hancur , sesuai namanya Aru/Ara (Pohon) yang orang Mandailing dulu menyembah Pohon sebagai tempat Begu.
 Penyebutan marga HARAHAP di belakang nama, disebutkan dimulai sejak cucu Rimbang Saudara dari HARAHAP. Jadi HARAHAP adalah NAMA, yang kemudian menjadi marga keturunannya.


HARAHAP, punya satu (1) anak:
1. Ompu ni Marguru HARAHAP
Ompu ni Marguru, punya empat (4) anak:
1. Si Misang Andor HARAHAP
2. Si Andor Misang HARAHAP
3. Ompu Toga Langit HARAHAP
4. Manjungkit Tano HARAHAP
Si Misang Andor, punya dua (2) anak:
1. Tamanalom HARAHAP
2. Ompu Gunung HARAHAP
Disebutkan, keturunan Tamanalom ada yang pindah ke LUAT (PORTIBI), Padanglawas, kemudian mendirikan kerajaan disana, dan ada yang menurunkan HARAHAP Mompang.
Ompu Gunung, menurunkan HARAHAP Simasom dan HARAHAP Joring di Angkola Julu. Keturunan HARAHAP Simasom, ada yang pergi ke Hanopan Sipirok, Hanopan Padangbolak, dan Janji Lobi Padangbolak.
Si Andor Misang, punya dua (2) anak:
1. Bangun Dibabuat HARAHAP
2. Bangun Dibatari HARAHAP
Mereka berdua masih bermukim di Toba, anak-anaknya kemudian migrasi ke Selatan, khususnya ke Angkola dan Padangbolak.
Bangun Dibabuat, punya dua (2) anak:
1. Ompu Sumur HARAHAP
2. Tunggal Huayan HARAHAP
Ompu Sumur, migrasi ke Angkola dan mendirikan kerajaan Pijorkoling, Angkola Jae, kemudian diberi gelar Mangaraja Imbang Desa.
Tunggal Huayan, masih tinggal di Toba (desa Sibatangkayu), menikah dengan boru Situmorang dan punya satu anak (Mangaraja Ompun Jurung HARAHAP)
Bangun Dibatari, punya lima (5) anak:
1. Sutan Nabuttu HARAHAP
2. Ompu Bilik HARAHAP
3. Mangaraja Sulappe HARAHAP
4. Sutan Pulungan HARAHAP
5. Si Nasinok HARAHAP
Sutan Nabuttu dan Ompu Bilik disebutkan pindah ke Morang, Panompuan. Sedangkan Mangaraja Sukappe dan Sutan Pulungan pindah ke Pangkal Dolok, Padangbolak. Si Nasinok, pindah ke Batangonang, Padangbolak.
Keturunan Sutan Pulungan, disebut-sebut juga ada yang pindah ke Sababalik, Padangbolak; Simatonggong, Padangbolak; dan ke Marancar Godang.
Disebutkan, keturunan Ompu Toga Langit dan Manjungkit Tano (anak Ompu ni Marguru), ada yang pindah ke Hutaimbaru.
Ompu Toga Langit (Ompu Toga Lagijit, disebut juga Manjungkit Langit), punya dua (2) anak:
1. Ompu Sodogoron HARAHAP
2. Si Maujal (?)
Ompo Sodogoron, menurunkan marga HARAHAP di Sabungan Julu, Hutaimbaru (Angkola Julu).
Si Maujal (?), menurunkan marga HARAHAP di Sidangkal, yang keturunannya menyebar ke Huta Losung, Sitombol, Lasung Batu, Panyanggar, Sabungan Jae, dan Manegen. HARAHAP Sidangkal, disebutkan banyak menyebar ke Padangbolak.
Manjungkit Tano, punya dua (2) anak:
1. Si Maliot HARAHAP, di Binubu
2. Si Maliotan HARAHAP, di Simandiangin Binubu
Si Maliotan, punya dua (2) anak:
1. Sende HARAHAP
2. Bulu HARAHAP
Sende, punya anak:
Ja Bosar HARAHAP, disebut-sebut menurunkan HARAHAP Simatongtong di Pagarutan, yang kemudian menyebar ke Halumpang dan Siloting.
HAMPIR SELURUH KELUARGA HARAHAP BERMIGRASI DARI TOBA, MENCARI TANAH PEMUKIMAN BARU KE BAGIAN SELATAN.
Marga HarahapMarga Harahap terdiri dari banyak sub kelompok. Sub Kelompok menunjukkan kampung asal. Bagian-bagian marga Harahap antara lain adalah:1. Harahap Sidakkal – Harahap ini merupakan keturunan dari Sutan Maujalo yang berasal dari Jambur Batu. Jambur Batu berada di Tabusira terus ke arah Luat Harangan. Harahap Sidakkal ini keturunannya sudah menyebar di Padang Bolak, Mandailing, Angkola, dll.2. Harahap Mompang – Harahap ini merupakan keturunan dari Sutan di Langit yang berasal kata orang-orang kuburannya ada di Siharang-karang Sidempuan. Harap Mompang ini juga menyebar ke Padang Bolak sepanjang Aek Sirumambe sampai ke Portibi, apalagi di Angkola, dan Mandailing3. Harahap Simataniari – Harahap ini berasal dari Sianlang di pinggir sungai Batang Ilung. Harahap Simataniari ini sudah menyebar banyak di Padang Bolak.4. Harahap Simatongtong – Harahap ini banyak tersebar disekitar Padang Sidempuan, tapi asal nya kata orang-orang berasal dari Sipaho di daerah Halongonan.5. Harahap Batang Onang – Harahap ini berasal dari sekitar Batang Onang dan keturunannya tersebar sampai ke Mandailing, Padang Bolak dan Batang Onang Sendiri. Harahap Batang Onang ini selanjutnya terbagi atas keturunan Sutan Sulappe dan keturunan Sutan Nasinok.


28 komentar:

  1. Pantas saja banyak kesalahan. Mana referensi nya? Apakah sudah bertanya pada raja raja marga harahap? Banyak sekali kesalahan. Tunggal huayan itu di pargarutan, bukan di toba. Ompu toga langit juga tidak setua itu. Posisi ompu ooga langit ada dibagian bawah seharusnya. Ompu toga toga langit itu menurunkan marga harahap di Losung Batu Padangsidimpuan. Masih banyak yang tidak sesuai. Ambil referensi yang jelas. Kamu Marga Sihombing, marga toba pande pandean buat silsilah harahap. Wawancarai raja raja terkait sebelum membuat artikel seperti ini. Wawancarai raja raja marga harahap atau wawancarai ketua dewan adat kab tapsel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap katua,prnglihatan ku pun masihbanyak yg salah

      Hapus
    2. Tolong jangan hanya menyalahkan tetapi sebaiknya mengoreksi yg salah supaya menjadi benar. Tanpa merendahkan orang lain. Supaya orang awam jadi tahu, tambah wawasan budaya indonesia.

      Hapus
    3. Tolong jangan hanya menyalahkan tetapi sebaiknya mengoreksi yg salah supaya menjadi benar. Tanpa merendahkan orang lain. Supaya orang awam jadi tahu, tambah wawasan budaya indonesia.

      Hapus
    4. Tolong jangan hanya menyalahkan tetapi sebaiknya mengoreksi yg salah supaya menjadi benar. Tanpa merendahkan orang lain. Supaya orang awam jadi tahu, tambah wawasan budaya indonesia.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Saya harahap dari hutaimbaru Padangsidimpuan. Yang menurunkan marga harahap di hutaimbaru itu Ompu Saroedak, bukan Mangaraja sodogoran. Mangaraja sodogoran itu posisi nya lebih rendah dari Ompu Saroeeak. Sedangkan di losung Batu padangsidimpuan yang menurunkan marga harahap adalah Ompu Toga Langit. Jadi Ompu toga langit bukan berada di puncak karena harahap di sidimpuan termasuk harahap yang paling muda. Tolong diperbaiki artikel ini. Atau sebelum dapat sumber yang jelas tolong cabut postingannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oppung ni harahap moppang adalah ompu toga nilangit

      Hapus
  4. kalau keturunan susan berayun harahap apa ya...

    BalasHapus
  5. Saya mencari keluarga Nenek Dari Nenek saya yang bernama Intan boru Harahap asal kelahiran Gunung Tua Tapsel. Bisa hubungi saya di WA 08126173374.

    BalasHapus
  6. Kami Harahap Turunan Dari ompu Sumur Atau Mangaraja Imbang Desa
    Kok Tidak Ada Disitu?

    BalasHapus
  7. Saya juga marga Harahap
    Mungkin ada yang tau silsilah keluarga saya
    Ali Akbar bin Zulham bin Abdullah bin Syaikh Mukhtar bin Utsman bin ja bilang mauli bin Sutan Nagasari
    Saya tau nya sampai di situ aja
    Mungkin ada yg tau chat aja
    081297299264

    BalasHapus
  8. Saya juga mencari silsilah keluarga saya.mungkin ada yg tau mulai dari saya Ainrul rinaldi harahap bin Rusli harahap bin chalidin harahap. Oppung saya dari daerah pudun

    BalasHapus
  9. Saya juga mencari silsilah keluarga saya.mungkin ada yg tau mulai dari saya Ainrul rinaldi harahap bin Rusli harahap bin chalidin harahap. Oppung saya dari daerah pudun

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaykum Para Tetua marga Harahap

    Saya juga marga Harahap, saya sgt ingin mengetahui silsilah marga Harahap dan ingin mengetahui saya Harahap generasi ke berapa, saya lahir dan besar di Aceh, praktis sehari2 menggunakan bhs Indonesia

    Nama saya : Muhammad Sofian Harahap
    Nama ayah : Ali Bongsu Harahap (lahir di Bahbirong Hulu Siantar)
    Nama opung : Salman Harahap (dikebumikan di.pemakaman jl. Pane P. Siantar
    Nama ayahnya opung : Raja Diatjeh (mungkin perlu dikoreksi tulisannya yg benar)

    Ayah saya sepupu dgn bpk Rusdi yg tinggal di jl. Catur Medan, dan jg sepupu dgn ibu kandungnya Rajainal Siregar (mantan Gubsu)

    Mohon bantuan yang terhormat para tetua marga Harahap, mohon maaf klu tutur kata saya kurang pas ya

    Wassalamu'alaykum wr wbr

    Bogor, 13 Sya'ban 1441 H/7 Apr 2020

    Muhammad Sofian Harahap
    HP/WA : 08126282402
    email : msofianharahap@yahoo.com


    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya org bahbirung ulu siantar..
      Bahbirung ya dmn dulu..opung itu lahirr..skrg tinggal dmn bg..

      Hapus
  11. Assalamu'alaykum Para Tetua marga Harahap

    Saya juga marga Harahap, saya sgt ingin mengetahui silsilah marga Harahap dan ingin mengetahui saya Harahap generasi ke berapa, saya lahir dan besar di Aceh, praktis sehari2 menggunakan bhs Indonesia

    Nama saya : Muhammad Sofian Harahap
    Nama ayah : Ali Bongsu Harahap (lahir di Bahbirong Hulu Siantar)
    Nama opung : Salman Harahap (dikebumikan di.pemakaman jl. Pane P. Siantar
    Nama ayahnya opung : Raja Diatjeh (mungkin perlu dikoreksi tulisannya yg benar)

    Ayah saya sepupu dgn bpk Rusdi yg tinggal di jl. Catur Medan, dan jg sepupu dgn ibu kandungnya Rajainal Siregar (mantan Gubsu)

    Mohon bantuan yang terhormat para tetua marga Harahap, mohon maaf klu tutur kata saya kurang pas ya

    Wassalamu'alaykum wr wbr

    Bogor, 13 Sya'ban 1441 H/7 Apr 2020

    Muhammad Sofian Harahap
    HP/WA : 08126282402
    email : msofianharahap@yahoo.com


    BalasHapus
  12. Saya juga Lilu, kenapa tidak dibikin persatuan marga Harahap?

    BalasHapus
  13. Saya Khoirul Amrin Harahap bin Syahrir bin Pajar, hanya disitu yg saya tau,
    Berasal dari Padang lawas panarian,
    082249361912, manatau yang dari padang lawas

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum wrwb, Mohon maaf sebelumnya untuk seluruh tetua marga Harahap, saya Ramlan Harahap bin Sutan Porang (Musohur Harahap), terlepas dari pada benar atau salah refrensi ini, kami berharap kepada seluruh oppung, uwak/uda dan kahanggi serta generasi muda Harahap kalau menanggapi sesuatu janganlah pakai amarah, kalau memang ada yang kurang pas di hati tolong doluruskan biar kami yang haus dan rindu akan pengetahuan tetang silsilah termotivasi untuk meneruskan sejarah keturunan Harahap ke generasi setelah kami agar supaya tetap langgeng, sekali lagi mohon maaf dan marsipadoaon be ma hita sude " Horas..🙏🏻🙏🏻🙏🏻".

    BalasHapus
  15. Horas ma tu hita sude sian hami di Pulau Jawa🙏🏻🙏🏻🙏🏻❤

    BalasHapus
  16. Au harahap sidakkal sian Lenggahara kec. Saipar Dolok Hole

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Nama Ompung saya Stn Dolok Harahap Bin TK imom Harahap

    Wafat 19 - 10 - 2012 batang baruhar julu

    BalasHapus
  19. Nama saya Toras Hamonangan Harahap yg lahir di Surabaya.
    Bapak saya : Majani Harahap, lahir jakarta
    Opung saya : Baginda Setya Marahaddin Harahap.

    Karena lahir di Surabaya dg karakter ayah yg sangat pendiam, saya praktis tidak tahu apapun tentang silsilah saya.
    Kalo ada informasi walau sedikit, sangat membantu saya.
    WA saya : 087855366543.

    terima kasih banyak

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.