Selasa, 01 November 2016

Sejarah Marga Silalahi

Edit Posted by with 2 comments
SILALAHI, Buha-Buha Baju, Anak Panggoaran Raja Silahisabungan

SILAHI , lahir di sekitar daerah AEKMUAL, PANGURURAN , selanjutnya dikenal dengan nama daerah LUMBAN SILALAHI, SILALAHI NAGODANG-PANGURURAN.


NAMA KAMPUNG LUMBAN SILALAHI diambil dari nama SILAHI, yang selanjutnya bernama KAMPUNG SILALAHI NAGODANG, PANGURURAN.

MARGA SILALAHI , BERASAL DARI NAMA ANAK PANGGOARAN OMPU RAJA SILAHI SABUNGAN DARI ISTERI PERTAMA PINTA HAOMASAN BORU NI RAJA AMBATON, YAITU SILAHIRAJA . MARGA SILALAHI BERASAL DARI PANGURURAN-SAMOSIR, BUKAN DARI PAK-PAK DAIRI. MARGA SILALAHI ADALAH SALAH SATU MARGA BATAK YANG BERASAL DARI BATAK TOBA , BUKAN MARGA DARI PAKPAK DAIRI.

RAJA SILAHISABUNGAN DAN SILALAHI, MEMILIKI HUBUNGAN KELUARGA DENGAN RAJA AMBATON ( PARNA ), DARI PINTA HAOMASAN BORU NI RAJA AMBATON. 


AEK MUAL adalah nama MATA AIR yang terletak dibelakang rumah kami sekarang di lumban silalahi, pangururan. konon, pernah suatu saat zaman dulu, kekeringan melanda pangururan, dimana tidak ada mata air yang hidup, namun mata air AEK MUAL hidup dan mampu memenuhi kebutuhan air untuk seluruh masyarakat pangururan saat itu.

AEK MUAL adalah Mata air sumber air minum dan tanah sekitarnya adalah tanah dan air minum yang dibawa RAJA SILAHISABUNGAN pada saat berkelana ke daerah pak-pak dan bertemu PINGGAN MATIO BORU PADANG BATANG HARI.

SILAHI merupakan anak pertama RAJA SILAHISABUNGAN dari isteri pertama PINTA HAOMASAN BORU NI RAJA AMBATON.

Nama yang diberikan RAJA SILAHISABUNGAN kepada anak pertamanya adalah SILAHI dari isteri pertama PINTA HAOMASAN BORU NI RAJA AMBATON, sedangkan SILAHIRAJA....ada penambahan kata 'RAJA' setelah SILAHI, adalah Nama yang diberikan tulangnya SIMBOLON TUA pada saat SILAHI masih bayi dan digendongnya, dengan harapan dapat berkembang bertambah banyak keturunannya, menjadi 'RAJA' dalam adat batak. Jadi nama lengkapnya adalah SILAHIRAJA



SIMBOLON TUA adalah tulang kandung satu-satunya, juga mertua dari SILAHIRAJA yang menikah dengan boru SIMBOLON TUA.

Dari nama SILAHI, mewarisi marga SILALAHI kepada keturunannya, dikenal juga sebagai marga SILALAHI RAJA. Dengan sendirinya SILALAHI sudah menjadi 'RAJA' , dengan banyaknya keturunannya sampai saat ini.

2 komentar:

  1. horas, klo raja itu biasanya sipungha huta,huta terdiri dari beberapa lumbandan sosor bisa sampe puluhan ratusan kk, ai maka kam bilang ompungku tinggal di lumban? aku gak terima

    BalasHapus
  2. Sipukka huta dihutai ima marga 1.Naibaho 2.Sitanggang 3.Simbolon.Untuk itu tolong direnungkanlagi.horas...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.