Jumat, 06 Oktober 2017

Sejarah Marga Hutabarat

Edit Posted by with No comments
Jika dirunut dari si Raja Batak maka Si Opat Pusoran berada pada keturunan (sundut) kedelapan : Si Raja Batak -- Raja Isumbaon -- Tuan Sorbadibanua alias Sisuanon -- Siraja Sobu alias Toga Sobu -- Hasibuan -- Guru Mangaloksa—Si Opat Pusoran.

Sejarah Arti Istilah Si Opat Pisoran


Dalam perjalanan ke pengungsian bersama mertuanya,
Guru Mangaloksa meminta izin kepada mertuanya untuk kembali ke kampung untuk melihat keadaan, dan mertuanyapun merestui. Dalam perjalanan, pas di tepi aek situmandi, anak pertama guru Mangaloksa pun lahir. Anak itu diberi nama Si Raja Nabarat (Hutabarat), na barat artinya yang berlawanan. Saat itu Guru Mangaloksa menyadari perbuatannya terhadap mertua (hula-hula) bahwa itu sebenarnya bertentangan.
Kemudian lahirlah anak kedua, yang dinamakan Si Raja Panggabean, yang artinya sejahtera. Guru Mangaloksa melihat, walaupun dia telah berbuat salah terhadap mertua (hula-hula)nya, tetapi dia masih diberikan kesejahteraan (hagebeon) oleh Ompu Mulajadi Nabolon.
Kemudian anak ketiga lahir diberi nama Si Raja Hutagalung. Dan Anak Keempat diberi nama Si Raja Hutatoruan (Hutapea dan Lumbantobing).

Perincian Marga-marga dari Si Opat Pisoran

Adapun Marga-marga Si Opat Pisoran dari keturunan Guru Mangaloksa adalah:
  1. Si Raja Na Barat yaitu marga Hutabarat,
  2. Si Raja Panggabean yaitu marga Panggabean, yang terdiri:
    1. Panggabean Lumban Ratus (tetap memakai marga Panggabean),
    2. Panggabean Simorangkir (memakai marga Simorangkir),
    3. Panggabean Lumban Siagian (tetap memakai marga Panggabean).
  3. Si Raja Hutagalung yaitu Marga Hutagalung.
  4. Si Raja Hutatoruan yaitu marga:
    1. Hutapea,
    2. Lumbantobing.


Marga Hutabarat sudah banyak menjadi publik figur, seperti menjabat di pemerintahan, artis, pemain sepakbola dan lain-lain. Jika dikumpul-kumpulkan hingga saat ini sudah banyak tokoh marga Hutabarat yang sukses. Anda pun nantinya bisa menjadi seorang publik figur Hutabarat yang terkenal.

Sifat Marga Hutabarat
Karakter orang bermarga Hutabarat itu adalah cenderung baik, Laki-lakinya ganteng banget, Cewek-cewek marga Hutabarat pun cantik, ramah dan tidak cerewet. Pengalaman aku pernah berpacaran sama orang yang bermarga Hutabarat, ya orangnya baiklah, perhatian dan tidak bawel.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.